Media online kompas.com BlackBerry Ingin BBM di Smartwatch

BlackBerry ternyata juga tertarik dengan tren wearable gadget. Namun, perusahaan yang berbasis di Ontario, Kanada, ini tidak ingin membuat jam tangan pintar atau armband, tetapi membawa platform messaging-nya ke berbagai wearable device.

John Sims, President BlackBerry Enterprise Solutions, mengatakan bahwa saat ini BlackBerry sedang melakukan riset untuk membawa BlackBerry Messenger agar bisa diakses melalui peranti wearable.

"Kami sedang melakukan riset internal di berbagai jenis wearable," ujar Sims seperti dilansir dari Computer World, Kamis (11/9/2014).

"Saya akan senang sekali jika BBM bisa diakses dari wearable, kami harus benar-benar melakukan riset ini dengan benar," imbuh Sims.

Jenis wearable gadget yang sedang dicoba diintegrasikan dengan BBM termasuk jam tangan pintar dan kacamata pintar.

Apakah ke depannya BlackBerry juga akan membuat wearable device versi mereka sendiri atau tidak, masih belum jelas. Namun, strategi CEO BlackBerry saat ini, John Chen, adalah menjual smartphone dan tablet sebanyak mungkin.

BBM Protected Dari BlackBerry Resmi Diluncurkan

Setelah diperkenalkan di ajang BlackBerry Experience pada Mei lalu, layanan pesan instan BBM Protected resmi diluncurkan oleh BlackBerry pada Senin (16/6/2014).

BBM Protected adalah layanan pesan instan yang diklaim BlackBerry super aman. BBM Protected menjadi bagian dari layanan eBBM Suite yang ditujukan bagi pelanggan korporat BlackBerry.

Dikutip dari blog resmi BlackBerry, BBM Protected tak ubahnya seperti layanan BBM pada umumnya, hanya saja lapisan enkripsinya ditambah. Enkripsi tersebut berupa kode unik yang hanya bisa dikenali oleh pengirim dan penerima pesan.

BlackBerry mengatakan bahwa tiap pesan tersebut juga menggunakan kode symetric random dalam enkripsi pesannya. Karena itu, jika satu kode bisa ditembus, maka semua pesan akan tetap aman.

BBM Protected juga terintegrasi dengan BBM standar. Artinya, pengguna bisa berkomunikasi dengan kontak BBM lain secara lebih aman.

Sayangnya, aplikasi BBM Protected ini belum bisa dicoba oleh semua orang. Menurut BlackBerry, saat ini baru pengguna perangkat BBOS yang menjalankan BES 5 saja yang bis menggunakannya.

BBM Protected juga baru bisa diunduh oleh pengguna smartphone BlackBerry 10 dengan lisensi gold yang menjalankan modus Work Space EMM.

Ke depannya, BlackBerry akan menyediakan BBM Protected untuk siapa saja yang ingin membelinya, termasuk untuk platform iOS dan Android.

Posted in: , ,

0 komentar for "Media online kompas.com BlackBerry Ingin BBM di Smartwatch "

Leave a reply