37 Traktor Belum Dibagi, Pemkab Banyuwangi Seleksi Calon Penerima

Banyuwangi - Sebanyak 37 unit traktor dan 21 unit pompa air yang berasal dari Kementerian Pertanian masih belum dibagikan kepada kelompok tani di Kabupaten Banyuwangi. Alasannya, hingga kini pihak Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Dispertahutbun) Banyuwangi masih melakukan seleksi terhadap sasaran penerima bantuan.

Akibat proses seleksi tersebut, belum ada satu pun calon kelompok tani dan lokasi pertanian yang akan diberi bantuan berupa traktor dan pompa tersebut.

"Belum kita bagi, sekarang masih proses penelitian dan mengkaji kelompok-kelompok tani. Calon (kelompok) tani dan calon lokasi belum ada," ungkap Kepala Dispertahutbun Banyuwangi, Ikrori Hudanto pada detikcom, Selasa (17/3/2015).

Selain alasan tersebut, pihak Dispertahutbun Banyuwangi juga masih menunggu petunjuk teknis dari pusat terkait tata cara pembagian bantuan tersebut. Akibatnya, 37 traktor dan 21 pompa air itu masih mangkrak tersimpan di pelataran kantor Dispertahutbun.

"Masih belum ada petunjuk teknis pembagian traktor dan bagaimana tata caranya pembagian," imbuh Ikrori.

Ikrori menambahkan, faktor ketelitian terhadap calon kelompok tani yang akan mendapatkan stimulan ini sangat dibutuhkan. Pasalnya, di Banyuwangi ada sekitar 1.500 lebih kelompok tani aktif.

Pihaknya ingin pembagian bantuan traktor ini bisa tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani yang tepat. Sebelumnya, pada Desember 2014 lalu, Banyuwangi juga menerima bantuan traktor sebanyak 46 unit.

Ditargetkan, pihak Dispertahutbun akan membagikan bantuan-bantuan tersebut pada April mendatang. "Targetnya bulan depan bisa kita bagikan, tapi lagi-lagi kita juga harus menunggu petunjuk pusat dulu," tandasnya.

Posted in: , , ,

0 komentar for " 37 Traktor Belum Dibagi, Pemkab Banyuwangi Seleksi Calon Penerima"

Leave a reply