BNPT Minta Warga Desa Peka Lingkungan Antisipasi ISIS

Jakarta - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Mayjen TNI Abdurahman Kadir menyebut pergerakan teroris ataupun ideologi terkait terorisme saat ini sudah merambah ke masyarakat tingkat bawah. Karena itu masyarakat diminta proaktif mempersempit pergerakan ataupun perekrutan terkait terorisme.

Sebagai upaya pencegahan dini, BNPT melakukan pembinaan kemampuan penanggulangan terorisme terhadap Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah di Bogor. Kegiatan ini dilakukan di Gedung Bima Komplek Paspampres Grup C, Lawang Gintung, Kota Bogor, Selasa (17/3/2015).

"Mereka kita berikan pemahaman agar bisa mewaspadai pergerakan yang mencurigakan di wilayahnya seperti teroris, dan tahu bagaimana mengantisipasinya," kata Abdurahman Kadir.

Abdurahman mengatakan bahwa perkembangan kejahatan terorisme global telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan baik modus, kuantitas maupun kualitasnya.

Dengan pembekalan kepada aparat di tingkat lingkungan tempat tinggal diharapkan dapat mencegah kegiatan atau rekrutmen terkait paham terorisme masyarakat.

"Dalam iklim masyarakat yang kurang sensitif (individualis) terhadap lingkungan memicu kesempatan paham teror berkembang di masyarakat," ujar Abdurrahman.

"Jadi saya harapkan dengan adanya pembekalan ini, masyarakat dapat membantu aparat di wilayah dalam penanggulangan terorisme dan peka terhadap lingkungannya," imbuhnya.

Abdurrahman menyebut, BNPT masih memantau terkait ada tidaknya pergerakan kelompok pengikut ISIS di Bogor. "Untuk pergerakannya masih terus kita pantau, jangan sampai nantinya membuat resah masyarakat," katanya.

Posted in: , , , ,

0 komentar for "BNPT Minta Warga Desa Peka Lingkungan Antisipasi ISIS"

Leave a reply