ISIS lakukan Gas Klorin terhadap Serangan Bom di Irak, AS Khawatir

Baghdad - Pasukan Kurdi di wilayah Irak melaporkan adanya penggunaan gas klorin oleh ISIS dalam serangan bom yang didalanginya. Meskipun belum bisa mengkonfirmasi kebenarannya, militer Amerika Serikat mengkhawatirkan laporan ini.

Seperti dilansir AFP, Selasa (17/3/2015), otoritas Kurdi di wilayah Irak menyebutkan, hasil analisis terhadap tanah dan sampel pakaian menunjukkan bahwa ISIS menggunakan gas klorin dalam serangan bom mobil pada 23 Januari lalu. Tidak disebut lebih lanjut wilayah yang menjadi target serangan ISIS ini.

"Kami sangat mengkhawatirkan laporan ini. Kami belum bisa mengkonfirmasi kebenarannya," tutur juru bicara Pentagon, Kolonel Steven Warren.

"Kami telah mengetahui apa yang dikatakan otoritas Kurdi. Kami tidak memiliki alasan untuk tidak mempercayai mereka," imbuhnya.

Jika memang laporan Kurdi ini benar adanya, maka ini menjadi contoh baru mengenai kebrutalan ISIS. Namun di sisi lain, hal ini mengindikasikan bahwa militan keji ini mulai depresi karena merasa semakin terdesak dengan adanya serangan udara AS dan koalisi, serta serbuan tentara dan milisi Irak.

Penggunaan gas klorin di dalam bom rakitan sebenarnya bukan hal baru dalam medan pertempuran. Rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad berulang kali menggunakan gas klorin dalam serangannya terhadap kelompok oposisi dan pemberontak yang bersikeras ingin melengserkan dirinya.

"Penggunaan bahan kimia ini juga terjadi di wilayah itu," ucap Warren.

Secara terpisah, keterangan beberapa dokter Irak dan saksi mata soal penggunaan gas klorin semakin memperkuat laporan Kurdi itu. Mereka melaporkan adanya beberapa orang yang terpapar gas klorin dalam serangan ISIS di Irak beberapa waktu terakhir.

Menurut dokter dan saksi mata, orang-orang yang terpapar gas klorin itu menunjukkan gejala keracunan gas seperti muntah-muntah dan mengalami gangguan pernapasan. Namun demikian, masih belum jelas apakah penggunaan gas klorin oleh ISIS ini telah memicu korban jiwa di Irak.

Posted in: ,

0 komentar for "ISIS lakukan Gas Klorin terhadap Serangan Bom di Irak, AS Khawatir"

Leave a reply