Jelang Pilkada Banyuwangi, Internal PDIP Bergolak

Banyuwangi - Suhu politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Banyuwangi menghangat. Mendadak, dari 24 Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP, 13 diantaranya menolak hasil penjaringan bakal calon bupati yang telah digelar.

Penolakan itu menurut mereka yang tergabung dalam 'Lintas PAC' karena ada kesalahan prosedur. PAC yang menolak adalah Ketua dan Sekretaris PAC asal Kecamatan Kalibaru, Sempu, Tegaldlimo, Tegalsari, Siliragung, Pesanggaran, Wongsorejo, Kabat, Rogojampi, Singojuruh, Banyuwangi, Kalipuro dan Pengurus PAC Muncar.

Juru Bicara Lintas PAC Mohammad Farid Mengatakan, Seluruh Pengurus PAC menghendaki DPP PDIP mengembalikan usulan empat nama bacabup Banyuwangi kepada cabang.

Pengurus DPC PDIP Banyuwangi juga didesak melakukan penjaringan bakal calon bupati ulang. Pernyataan sikap itu disampaikan di RM Bajak Laut, Banyuwangi, Selasa (17/3/2015).

Mereka menilai, proses penjaringan yang dilakukan oleh pengurus DPC saat dipimpin Yusuf Widyatmoko itu, tidak pernah melibatkan pengurus PAC. Kepemimpinan PDIP Banyuwangi sekarang adalah dibawah komando I Made Cahyana Negara.

"Selain mendukung Kepengurusan DPC yang baru, dalam pernyataan sikap kita, minta DPP mengembalikan usulan bakal calon dan DPC lakukan penjaringan ulang," tegas Farid.

Sekretaris PAC Kecamatan Kabat ini menuding, selama proses penjaringan bakal calon bupati beberapa waktu lalu, PAC tidak pernah diberi ruang untuk memberikan masukan, sebagaimana proses penjaringan bakal calon pada Pilkada Tahun 2010 lalu

I Made Cahyana Negara yang baru terpilih sebagai Ketua DPC PDIP Banyuwangi diminta secepatnya melakukan penjaringan ulang yang demokratis dan melibatkan PAC.

PDIP yang memiliki 10 kursi di DPRD Banyuwangi itu telah melakukan penjaringan bakal calon bupati yang akan diusung dalam Pilakda pada Desember 2015. 

Saat penjaringan di saat PDIP dipimpin Yusuf Widyatmoko, empat nama mendaftar, dan saat ini tengah melalui proses seleksi di tingkat DPD dan DPP.

4 orang itu adalah, mantan Ketua DPRD Hermanto, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, Pengurus PAC Muncar Wiwik Pudjiati serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

I Made Cahyana Negara yang dikonfirmasi mengaku belum mengetahui adanya gejolak di level PAC. "Tapi itu dinamikan politik, nanti kita konsultasikan dengan DPD dan DPP. Saya sementara ini fokus ke konferensi daerah DPD PDIP Jatim dulu," kata Made yang namanya juga santer akan digandengkan dengan Bupati Abdullah Azwar Anas itu.

Posted in: , , ,

0 komentar for "Jelang Pilkada Banyuwangi, Internal PDIP Bergolak"

Leave a reply