WN Korsel Mempunyai Paspor Kedaluwarsa Dihukum 8 Bulan Penjara

Jakarta - WN Korea Selatan Bung Chul Yoo alias Chandra Gunawan dihukum penjara selama 8 bulan dan denda Rp 30 juta subsidair 1 bulan kurungan. Chandra terbukti melanggar UU Keimigrasian karena tidak memiliki dokumen perjalanan dan visa yang sah saat berada di Indonesia.

Majelis Hakim yang dipimpin Abdul Rosyad menyatakan Chandra terbukti melakukan pidana sebagaimana Pasal 119 ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Chandra memang tinggal di Indonesia sejak tahun 2011 dengan paspor yang sudah habis masa berlakunya.

"Sesuai fakta-fakta persidangan, menurut keterangan ahli telah terbukti terdakwa setidaknya dari tahun 2011 berada di Indonesia dengan tidak memiliki paspor yang sah dan berlaku lagi," ujar Abdul membacakan putusan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (17/3/2015).

Putusan ini dianggap terlalu berat oleh pengacara Chandra, Eko Novriansyah. Dia berharap kliennya dideportasi bukan menjalani hukuman pidana.

Alasannya Chandra tidak melakukan kejahatan seperti terkait terorisme, narkotika ataupun pidana berat lainnya.

"Klien saya hanya melanggar urusan dokumen keimigrasian. Bukan pelanggaran kasus kejahatan seperti terorisme atau narkoba," ujar Eko.

Penangkapan Chandra terjadi ketika dia bersama rekannya WN Malaysia Lee Kwee Lin (55) hendak mengurus pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Utara pada Kamis (23/1).

Saat membuat paspor, Lee Kwee Lin mengaku sebagai WNI dengan nama Joshua Wijaya serta membawa dokumen kependudukan seperti akte kelahiran, KTP, dan Kartu Keluarga.

Merasa curiga melalui logat kedua WN asing tersebut, petugas imigrasi lantas melakukan interogasi dan menangkapnya.

Posted in: , ,

0 komentar for "WN Korsel Mempunyai Paspor Kedaluwarsa Dihukum 8 Bulan Penjara"

Leave a reply